Jumat, 07 Oktober 2011

Mangir Sadeng, Goa Tercantik di Gunungkidul

SATU lagi. Ditemukan obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul. Sebuah goa yang cantik, dan mungkin merupakan goa terindah di Kabupaten Gunungkidul. Goa itu dinamai Goa Mangir Sadeng. Sebuah nama goa yang dicetuskan oleh tokoh-tokoh masyarakat setempat, yang juga diamini oleh Gusti Pembayun dan Bupati Gunungkidul, Hj Badingah, S. Sos. Suatu saat, kedua tokoh tersebut ingin membuktikan, melihat langsung keindahan goa yang tembus di punggung bukit itu. Mereka berdecak kagum.
 “Sungguh luar biasa. Ini aset Gunungkidul yang tak ternilai harganya,” ujar Gusti Pembayun sambil menyeka keringatnya, setelah berjalan kaki satu 2 Km lebih, naik-turun bukit dan dlosoran di dalam goa. Di dalam goa yang memanjang hingga ratusan meter ini, memang masih benar-benar alami. Di bagian tengah akan kita jumpai Goa Landak, dimana di ruangkan ini menjadi kerajaan dan bermukim ratusan hewan landak. Di ruangan goa yang lain akan kita jumpai tempat bermukim, ratusan burung. Bahkan, konon goa ini juga tempat persinggahan yang menyenangkan bagi binatang buas seperti harimau, garangan, dan lain sebagainya.
 Jika kita mengikuti alur gua makin ke dalam, ada bagian seperti ruangan yang luas, namun ada pula ruangan yang sempit. Untuk menjangkau satu ruang dengan ruang lainnya, harus melawati sela-sela batu yang sempit. Namun begitu lebih masuk lagi, sekitar setengah perjalanan, akan kita temui sebuah ruangan yang cukup luas dengan hiasan stalagmit dan stalatit yang terukir sangat indah. Demikian pula warna-warni bebatuannya. Seolah ada yang menorehkan warna di dinding-dinding batu itu, seolah membentuk lukisan abstrak, surealis, ekspresionis dan bahkan ada seolah menganut aliran kubisme. “Indah sekali. Ini yang melukis adalah alam,” ujar Hj Badingah.
Kehadiran Gusti Pembayun di Pantai Sadeng itu diundang oleh Karang Taruna Songbanyu dalam suatu acara penyuluhan anti narkoba di Pendapa Sadeng. Kedatangan Gusti Pembayun didampingi oleh Hj Badingah S. Sos (kala itu sebagai Wakil Bupati), Ketua Karang Taruna Kabupaten, Camat Girisubo serta aktivis anti narkoba dari Granat.
            Dinamakan Goa Mangir karena terletak di Alas Mangir. Jika kita ingin ke Goa Mangir, maka dari Pantai Sadeng menuju ke arah timur dengan jarak sekitar 2 kilometer. Lalu kita akan tiba di Alas Boga. Dari Alas Boga inilah kemudian kita belok ke utara dan bisa mencapai Goa Mangir Sadeng dengan berjalan kaki.
            Sebagai obyek wisata, sebenarnya Goa Mangir Sadeng ini bisa dijadikan satu paket dengan Pelabuhan Pendaratan Ikan Sadeng (PPI Sadeng), Pantai Krokoh dan Pantai Baron Sadeng yang keindahan pantainya tidak kalah jika dibandingkan dengan obyek wisata pantai di Pulau Bali. Sederatan obyek wisata tersebut bisa dijangkau tidak lebih dari satu jam, asalkan ada akses jalan yang memadai menuju obyek wisata tersebut.
            Goa yang indah, pantai yang menawan, alam yang masih alami, satwa liar seperti kera dan landak yang ada dimana-mana, bisa menjadi pesona sendiri bagi siapapun yang mengagumi keindahan alam.****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar