Jumat, 06 November 2009

Keindahan Alam itu Bernama Goa Mangir Sadeng

PANTAI SADENG terletak di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY, yakni berada di ujung tenggara, sekitar 50 kilometer atau sekitar 110 kilometer dari kota Yogyakarta. Belum lama ini, Gusti Kanjeng Ratu Pembayun, putri dari Ngarso dalem Sri Sultan HB X, mengunjungi pantai tersebut. Menu ikan Tuna bakar, lobster serta beberapa jenis ikan kaya protein disajikan untuk menyambut tamu Karang Taruna Desa Songbanyu tersebut. Ibu GKR Pembayun didampingi Ibu Hajah Badingah, S. Sos, MM, yang juga sebagai Wakil Bupati Gunungkidul.
Kegiatan kepemudaan yang dimotori Karang Taruna Tunas Harapa Desa Songbanyu dengan Ketuanya, Sarwanto HS itu, juga dilangsungkan acara sarasehan atau dialog dengan tokoh-tokoh masyarakat di Desa Songbanyu. Ikut dalam sarasehan itu juga Kepala Desa Songbanyu, Prihadi.
Dalam sarasehan itu, mengemuka masalah-masalah yang berkaitan dengan arah pembangunan Desa Songbanyu dengan segala persoalannya. Ketua Karang Taruna Songbanyu, Sarwanto HS minta kepada pemerintah Kabupaten Gunungkidul khususnya dan pemerintah DIY pada umumnya, untuk memperhatikan wilayah Songbanyu. Sebab, Songbanyu memiliki potensi alam yang luar biasa jika digali dan dibeayai oleh pemerintah secara total. Potensi alam itu, seperti Pelabuhan Penangkapan Ikan di Sadeng yang sudah cukup dikenal dan juga potensi alamnya lain, seperti Goa Mangir, Pantai Krokoh, Bengawan Solo Purba, serta situs-situs lainnya yang perlu digali dan digarap. (ato)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar